Pengelola Wisata di Batang Janji Tak Akan Terlena dengan Pelonggaran

Kamis, 09 Desember 2021 – 02:00 WIB
Pengelola Wisata di Batang Janji Tak Akan Terlena dengan Pelonggaran - JPNN.com Jateng
Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Batang Yarsono saat memimpin rakor bersama Satpol PP, Polres Batang, Kodim 0736/Batang, dan pengelola wisata, di Batang, Rabu (8/12/2021). Foto: ANTARA/Kutnadi

jateng.jpnn.com, BATANG - Pengelola objek wisata di Kabupaten Batang menyambut positif kebijakan pemerintah yang melonggarkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) saat libur Natal dan Tahun Baru.

Manajer Operasional Batang Dolphin Center Oktavianus Bagus Danu Wijaya mengatakan meski PPKM dilonggarkan, pihaknya akan tetap memberlakukan pada pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Kami sudah menyiapkan aplikasi PeduliLindungi sebelum pengunjung masuk ke objek wisata dan akan dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatannya, termasuk pengunjung diwajibkan memakai masker," katanya.

Menurut dia, kebijakan pelonggaran PPKM pada libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 merupakan "angin segar" bagi pelaku industri pariwisata.

Kebijakan itu, kata dia, akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan meski tetap ada pembatasan 50 persen.

Pada libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Batang Dolphin Center masih mampu menampung kunjungan wisatawan antara 1.000-1.500 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Hampir setiap hari kami mendapat kunjungan dari sekolah mulai PAUD dan taman kanak-kanak yang rata-rata mencapai 200 orang hingga 300 orang. Sedang pada akhir pekan bisa mencapai 500-700 orang," katanya.

Danu Wijaya mengimbau para pengunjung objek wisata tidak abai menjaga prokes meski pemerintah telah memberikan kesempatan untuk bisa berwisata.

Pelonggaran PPKM disambut gembira penggelola wisata di Batang. Mereka berjanji dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.
Sumber antara