Polda Jateng Wanti-Wanti Peternak Sapi

Senin, 16 Mei 2022 – 21:39 WIB
Polda Jateng Wanti-Wanti Peternak Sapi  - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Sapi ternak. Foto: Humas Polda Jateng.

jateng.jpnn.com, SOLO - Tim Satgas Pangan Polda Jateng mewanti-wanti kepada para peternak sapi di Boyolali pascatemuan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi di Mojosongo, pekan lalu.

Penanganan pun telah dilakukan oleh satgas dan tim gabungan dari Dinas Pertanian Boyolali dengan memberikan antibiotik, vitamin dan penyemprotan disinfektan di kandang ternak.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudussy mengimbau kepada peternak sapi untuk memisah hewan ternak terjangkit PMK. Mengingat, penyakit tersebut sangat mudah menular.

"Harus diisolasi, supaya tidak menulari hewan ternak lainnya," terangnya, Senin (16/5) siang. 

Kedua pihak pun sepakat untuk membentuk Posko bagi masyarakat yang melaporkan ternak yang terjangkit penyakit PMK. 

Sementara itu, Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah monitoring PMK.

 Tim Satgas Pangan Polresta Surakarta telah melakukan pengecekan pasar kambing di Kawasan Pasar Kliwon maupun tempat penjagalan.

Hasilnya, belum ditemukan wabah PMK yang menjangkiti hewan ternak sapi. 

Tim Satgas Pangan Polda Jateng mewanti-wanti kepada para peternak sapi di Boyolali pascatemuan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi di Mojosongo, pekan lalu.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News