Memperingati Bulan Bung Karno di Solo, Ada Tembang Lir Ilir Khusus Untuk Ganjar

Sabtu, 25 Juni 2022 – 21:14 WIB
Memperingati Bulan Bung Karno di Solo, Ada Tembang Lir Ilir Khusus Untuk Ganjar - JPNN.com Jateng
Komplek Benteng Vastenburg Solo menjadi lautan manusia saat gelaran Tahlil Akbar dan Selawatan bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf dan Gus Karim, Jumat (24/6/2022) malam. Foto: Humas Jatengprov

jateng.jpnn.com, SOLO - Lautan manusia padati komplek Benteng Vestenburg Solo saat gelaran Tahlil Akbar dan Selawatan bersaa Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf untuk memperingati Bulan Bung Karno, Jumat (24/6) malam.

Acara dimulai dengan tahlilan dan doa yang dipimpin oleh pengasuh pondok pesantren Al-Qur’aniy Az-Zayadiyy Laweyan Solo, KH Abdul Karim atau yang akrab disapa Gus Karim.

Kemudian disambung dengan selawatan Habib Syech dengan iringan hadrah Ahbabul Musthofa.

Di antara sederet syair solawat, Habib Syechmempersembahkan tembang Lir Ilir khusus untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Ada satu tembang yang disukai Pak Gubernur. Saya ingin mempersembahkan. Beliau sebenarnya mau hadir, tapi waktunya dihitung tidak cukup sampai di sini. Mungkin beliau juga melihat youtube (acara ini),” ujar Habib Syech.

Tembang ciptaan Sunan Kalijaga itu memiliki makna manusia harus bangkit dari keterpurukan. Salah satu penggalan liriknya yakni cah angon penekna belimbing kuwi, memiliki makna bahwa seorang pemimpin harus bisa menjalankan rukun Islam.

Dalam acara yang digelar untuk memperingati Haul ke-52 presiden pertama Republik Indonesia Soekarno, Habib Syech menyampaikan pesan kepada hadirin untuk dapat meneladani dan meneruskan perjuangan Bung Karno.

“Mudah-mudahan kita semua dapat meneruskan perjuangan beliau. Dan kita semua berdoa, insyaallah Indonesia aman, indonesia selamat,” kata Habib Syech.

Komplek Benteng Vastenburg Solo menjadi lautan manusia saat gelaran Tahlil Akbar dan Selawatan bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf dan Gus Karim, Jumat
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News