Telo Gudang, Kuliner Khas Kudus yang Sedang Naik Daun

Sabtu, 02 Juli 2022 – 09:00 WIB
Telo Gudang, Kuliner Khas Kudus yang Sedang Naik Daun - JPNN.com Jateng
Telo gudang yang menjadi makanan khas Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. ANTARA/Akhmada Nazaruddin Lathif.

jateng.jpnn.com, KUDUS - Kuliner khas Kudus, Jawa Tengah, tidak hanya soto dan sate kerbau. Saat ini, salah satu kuliner khas kota kretek itu yang lagi digandrungi, yakni telo atau ketela gudang.

Nur Hayati, penjual telo gudang asal Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus, mengatakan usahanya itu dimulai sejak tiga tahun yang lalu.

Awalnya, dia mengaku hanya mencoba mencelupkan ketela yang sudah dimasak ke dalam tempat memasak nira tebu menjadi gula merah atau di gudang tempat produksi gula merah.

Dari percobaan itu, dia mendapati rasa ketelanya menjadi manis sehingga disebut telo gudang.

Kebetulan, dirinya juga memiliki usaha produksi gula merah sehingga dicoba dimakan sendiri hasil eksperimennya itu.

"Ternyata warga sekitar yang saya menyuguhi makanan tersebut, banyak tertarik sehingga mencoba lagi dan akhirnya dijual kepada masyarakat," ujarnya, Jumat (1/7).

Saat ini, kata dia, usahanya makin berkembang yang awalnya hanya dijual kepada warga sekitar, kini dijual hingga ke berbagai daerah, seperti Solo, Semarang, Yogyakarta hingga Jakarta.

Produksi setiap harinya ketika ramai pemesanan bisa mencapai 500 kilogram ketela.

Salah satu kuliner khas Kudus yang baru naik daun di pasaran, yakni telo gudang. Berawal dari coba-coba, kini jadi ladang penghidupan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News