Bripka Arif Dipecat Tidak Hormat, Kapolres: Renungan Bagi Seluruh Anggota Polri

Kamis, 01 Desember 2022 – 20:45 WIB
Bripka Arif Dipecat Tidak Hormat, Kapolres: Renungan Bagi Seluruh Anggota Polri - JPNN.com Jateng
Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama memimpin upacara pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) bersamaan dengan upacara kenaikan pangkat pengabdian di Halaman Mapolres Kudus. ANTARA/HO-Polisi.

jateng.jpnn.com, KUDUS - Polres Kudus, Jawa Tengah, memecat secara tidak terhormat salah satu anggotanya bernama Bripka Arif Sukmawan karena desersi, Kamis (1/12).

Pemecatan tersebut dilakukan dalam upacara pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) yang dipimpin Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama bersamaan dengan upacara kenaikan pangkat pengabdian di Halaman Mapolres setempat.

Personel Polres Kudus yang mendapat penghargaan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi yaitu Ipda Sumono, sedangkan Bripka Arif Sukmawan diberhentikan secara tidak dengan hormat atas pelanggaran desersi.

Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama mengakui peristiwa ini sangat memprihatinkan.

Menurutnya, peristiwa ini sebenarnya tidak perlu seandainya masing-masing anggota Polri mampu mengendalikan dan memahami dirinya sebagai insan Bhayangkara, abdi utama masyarakat serta sebagai aparat penegak hukum yang seharusnya menjadi teladan bagi kesatuan, masyarakat dan keluarga.

"Peristiwa ini patut dijadikan renungan bagi seluruh anggota Polri sehingga dalam pelaksanaan tugas agar lebih berhati-hati dan cerdas serta tetap berpegang pada peraturan disiplin dan peraturan kode etik yang dimiliki seluruh anggota Polri," ujarnya.

Kapolres mengatakan pihaknya telah mengingatkan personel yang di PTDH hari ini.

Menurutnya, upaya pembinaan terus dilakukan sebelum akhirnya dilakukan proses sidang kode etik dan akhirnya diputuskan pimpinan diberhentikan tidak dengan hormat.

Bripka Arif Sukmawan dipecat dengan tidak hormat karena desersi. Kapolres buat imbauan penting bagi seluruh anggota Polri.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News