Kas Pemprov Jateng Mengendap Rp 2,062 Triliun, Begini Penjelasan Ganjar

Selasa, 06 Desember 2022 – 19:50 WIB
Kas Pemprov Jateng Mengendap Rp 2,062 Triliun, Begini Penjelasan Ganjar - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut saldo kas Provinsi Jawa Tengah di bank saat ini sebesar Rp 2,062 triliun. Ganjar mengimbau agar anggaran tersebut segera diakselerasi penyerapannya.

"Kami sudah mulai on going untuk diserap semua karena ternyata dari posisi-posisi seperti itu rasa-rasanya setiap OPD punya waktu, cara, dan kemudian mekanisme sendiri," ujarnya seusai Penyerahan DIPA Petikan dan Petikan Buku Daftar Alokasi TKD Provinsi Jawa Tengah, di Gradhika Bhakti Praja, Selasa (6/12).

Ganjar menyebut saldo kas Rp 2,062 triliun itu berasal dari berbagai sumber, di antaranya tabungan pilkada, proyek yang belum dibayarkan, termasuk sisa uang di RSUD (BLUD) dari penerimaan klaim Covid-19 pada Desember 2021 dari pemerintah pusat.

Dana endapan yang belum diserap oleh kabupaten/kota se-Jateng jumlahnya mencapai Rp 11,7 triliun. Total saldo di bank ada Rp 13,8 triliun per 30 November.

"Tentu hari ini pasti sudah berkurang cukup banyak. Kami sendiri di Pemprov mencoba untuk menginventarisasi satu persatu di antara mereka itu yang belum yang mana," katanya.

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu menjelaskan anggaran yang belum terserap antara lain untuk pembayaran sejumlah DAK Fisik di kabupaten dan OPD.

"Jadi sebenarnya tinggal bayar-bayar itu saja. Ini contoh-contoh mempercepat yang nanti biasanya ya itu mengebut di belakang," tuturnya.

Dia memastikan anggaran yang masih mengendap di bank bukan disengaja untuk mendapatkan bunga. Oleh sebab itu, Ganjar meminta kepada seluruh jajarannya agar segera membelanjakan anggaran tersebut.

Saldo Kas Pemprov Jateng mengendap sebesar Rp 2,062 Triliun. Ganjar Pranowo beri penjelasan begini.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News