264 Kerajaan & Lembaga Adat Nusantara Pamerkan Atraksi Budaya, Ganjar Terkesan

Sabtu, 10 Desember 2022 – 14:27 WIB
264 Kerajaan & Lembaga Adat Nusantara Pamerkan Atraksi Budaya, Ganjar Terkesan - JPNN.com Jateng
Seorang pantomimer berswafoto dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Pawai Karnaval Budaya serangkaian Festival Adat Budaya Nusantara II di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (10/12). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Pawai Karnaval Budaya serangkaian Festival Adat Budaya Nusantara II di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang berlangsung meriah, Sabtu (10/12).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pawai tersebut merupakan kekayaan Indonesia yang mesti dijaga dan dikembangkan.

Festival Adat Budaya Nusantara kali ini diikuti oleh 264 kerajaan dan lembaga adat. Ganjar duduk diapit oleh Ketua Umum Masyarakat Adat Nusantara, Andi Bau Malik Barammamase dan Ketua DPP Masyarakat Adat Nusantara, KGPAA Mangku Alam II.

Barisan keprajuritan mengawali pawai karnaval budaya. Disusul dengan berbagai penampilan adat, budaya dan, kesenian dari berbagai daerah di Nusantara.

Seusai acara, gubernur berambut putih itu mengaku terkesan, dan terharu karena pawai budaya berlangsung meriah. 

"Dan, tentu saja kami senang dan terharu juga karena partisipasi 264 kerajaan lebih yang hadir dan mereka menampilkan karya-karya di sini dan masyarakat bisa menonton. Seluruh Indonesia bisa tumplek-blek di Borobudur," ujarnya.

Baginya, acara tersebut sangat menarik karena melibatkan masyarakat secara langsung. Sehingga, ini menjadi ajang pengenalan berbagai seni dan budaya yang ada di nusantara.

"Ternyata menarik, banyak anak-anak dan warga semuanya bisa melihat dan masing-masing bisa menunjukkan budayanya, karnavalnya menarik, partisipasinya bagus. Ini kalau dilakukan terus menerus rasa-rasanya akan menjadi event baru yang menarik juga," paparnya.

Ganjar terkesan dengan penampilan budaya 264 kerajaan dan adat Nusantara.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News