Cuaca Ekstrem Bakal Melanda Jawa Tengah 3 Hari, Berikut Sebarannya

Sabtu, 28 Januari 2023 – 15:06 WIB
Cuaca Ekstrem Bakal Melanda Jawa Tengah 3 Hari, Berikut Sebarannya - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Cuaca ekstrem bakal melanda Jawa Tengah selama tiga hari. Foto: ANTARA/Aprionis

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang bakal melanda Jawa Tengah selama 3 hari, 29-31 Januari 2023.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, ada fenomena MJO (Maden Jullian Oscillation) yang mulai aktif di Indonesia dan masih cukup aktifnya monsun Asia, serta adanya belokan dan perlambatan angin di wilayah Jawa Tengah.

Kondisi tersebut, kata dia, didukung dengan kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil.

"Hal itu berkontribusi meningkatkan pertumbuhan awan hujan dan potensi cuaca signifikan di sebagian Indonesia, khususnya Jawa Tengah," ujarnya, Sabtu (28/1).

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 29 -31 Januari 2023.

Berikut prakiraan cuaca ekstrem di Jawa Tengah 3 hari ke depan:

Minggu, 29 Januari 2023

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo,Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Kab.Semarang, Temanggung, Kab/Kota Magelang, Surakarta, Salatiga, Grobogan, Blora, Kab/Kota Pekalongan, Pati, Kab.Brebes, Kab,Tegal, dan sekitarnya

Cuaca ekstrem bakal melanda Jawa Tengah selama 3 hari. Simak, daerah-daerah yang kena damak.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News