Menko PMK Sebut Biaya Haji Tetap Harus Naik, Tetapi

Selasa, 31 Januari 2023 – 19:16 WIB
Menko PMK Sebut Biaya Haji Tetap Harus Naik, Tetapi - JPNN.com Jateng
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy saat kunjungan kerja di Semarang, Selasa (31/1/2023). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengaku sudah menyarankan agar kenaikan biaya haji 2023 yang kini masih dalam tahap pengkajian sebaiknya dilakukan secara bertahap.

"Saya sudah memberi saran kepada Menteri Agama supaya biaya haji kenaikannya dilakukan secara gradual (bertahap)," kata Muhadjir di sela kunjungan kerjanya di Semarang, Selasa (31/1).

Diakuinya, kenaikan biaya haji pada tahun ini memang harus dilakukan untuk menjaga keberlangsungan penyelenggaraan haji.

Menurutnya, biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) selama ini di bawah nilai yang seharusnya dibayarkan jemaah.

Dia menyampaikan pemerintah sudah memberikan subsidi secara tidak langsung karena jemaah membayarkan Bipih di bawah yang seharusnya dibayarkan.

"Itu bukan soal relevan atau tidak. Kenaikan itu (Bipih) harus, karena biaya haji itu selama ini di bawah nilai yang seharusnya dibayar oleh jemaah," kata Muhadjir.

Meski demikian, Muhadjir menyampaikan sebaiknya kenaikan Bipih diberlakukan secara bertahap agar tidak terlampau memberatkan jemaah.

"Kalau serta merta (kenaikan biaya haji) kan kasihan, terlalu berat," ujarnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut bahwa biaya haji tetap harus naik. Namun, dia punya pertimbangan yang harus diperhatikan Menag.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News