Peduli Lahan Kritis Kota Semarang, 1.400 Mahasiswa Soegijapranata Catholic University Tanam Pohon

Rabu, 01 Februari 2023 – 14:40 WIB
Peduli Lahan Kritis Kota Semarang, 1.400 Mahasiswa Soegijapranata Catholic University Tanam Pohon - JPNN.com Jateng
Penanaman bibit pohon oleh Soegijapranata Catholic University dan Djarum Foundation di lahan kritis Kota Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sebanyak 1.400 mahasiswa Soegijapranata Catholic University (SCU) kembali melakukan penanaman bibit pohon, Rabu (1/2). Ragam jenis pohon, ditanam di lahan kritis Kota Semarang.

Jenis-jenis bibit yang ditanam kali ini lebih pada tanaman buah. Seperti durian, alpukat, nangka, buah mentega, sirsak madu, asam jawa dan 11 jenis pohon MPTS (Mutli Purpose Trees Species) yang didukung oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

MPTS adalah tanaman kekayuan yang bersifat multiguna karena bermanfaat dari segi ekologi maupun ekonomi.

Nantinya, sebanyak 270 bibit pohon tersebut akan dirawat langsung oleh masing-masing mahasiswa hingga wisuda.

Kegiatan tahunan ini dikenal dengan Advancing Talent and Goal Wonderfully (ATGW). Isinya merupakan pelatihan soft skill yang membekali mahasiswa baru menyusun goal setting selama kuliah dan memiliki karakter kritis-kreatif-visioner, peduli, dan tangguh.

Kegiatan ini mendorong peran aktif mahasiswa secara berkelompok peduli pada lingkungan mulai dari menanam pohon, merawat pohon, dan menjaga tetap hidup subur, berkembang dan seterusnya.

Konsistensi dan keaktifan menjaga pohon yang sudah ditanam nantinya akan dinilai sesuai durasi waktu ATGW.

"Ini menunjukkan komitmen dan keseriusan semua pihak untuk lingkungan tetap asri dan subur," kata Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni SCU, Berta Bekti Retnawati.

1.400 mahasiswa Soegijapranata Catholic University (SCU) kembali melakukan penanaman bibit pohon, Rabu (1/2).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News