Sehari Hilang, Nelayan Asal Jepara Ditemukan di Pulau Mandalika, Begini Kondisinya

Kamis, 02 Februari 2023 – 17:00 WIB
Sehari Hilang, Nelayan Asal Jepara Ditemukan di Pulau Mandalika, Begini Kondisinya - JPNN.com Jateng
Proses penyelamatan Baidi, nelayan yang terombang-ambing di Laut Jawa. FOTO: Humas SAR Semarang.

jateng.jpnn.com, JEPARA - Tim SAR Gabungan kembali menjalankan misi penyelamatan terhadap nelayan yang terjebak di lautan. Kini, seorang nelayan terombang-ambing badai di laut Jawa.

Nelayan tersebut bernama Baidi (68) asal Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Dia telah dilaporkan hilang setelah berangkat melaut pada Rabu (1/2).

Dia berhasil diselamatkan bersama perahu jungkung katir miliknya di perairan Pulau Panjang oleh Tim SAR Gabungan pada Kamis (2/2).

Perahu jungkung katir adalah perahu nelayan tradisional. Bentuknya kecil bercadik kayu.

Ketika itu, Baidi pergi melaut dari Pelabuhan Ngelak Mloggo ke Pulau Panjang sekitar pukul 04.30 WIB. Dari keterangan keluarga, Baidi biasa kembali ke rumah siang harinya. Namun, keluarga khawatir karena hingga malam hari, Baidi tak kunjung pulang.

"Diduga mesinnya trouble. Perahu terombang-ambing di laut tidak bisa kembali," kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto.

Pihaknya menerjunkan satu tim rescue melaksanakan pencarian dengan Rigid Inflatable Boat (RIB) dari pelabuhan Kartini

Saat dilakukan pencarian, kata dia, kondisi ombak di sekitar Pulau Lanjang mencapai dua meter. Dalam pencarian tersebut petugas mendapati Baidi saat berlindung di Pulau Mandalika akibat cuaca buruk.

Aksi Tim SAR selamatkan nelayan asal Jepara yang terombang-ambing di Laut Jawa, ditemukan selamat di Pulau Mandalika
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News