Menteri Hadi Tjahjanto Akan Bantu Permasalahan Tanah Timbul di Cilacap

Jumat, 03 Februari 2023 – 13:48 WIB
Menteri Hadi Tjahjanto Akan Bantu Permasalahan Tanah Timbul di Cilacap - JPNN.com Jateng
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto (dua dari kanan) didampingi Penjabat Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar (dua dari kiri) memberi keterangan pers usai pencanangan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) sebanyak 1 Juta Patok Batas secara serentak di 33 provinsi yang pelaksanaannya berpusat di Desa Doplang, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jumat (3/2/2023). ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, CILACAP - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengaku siap membantu penyelesaian masalah tanah timbul di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Akan kami selesaikan. Dari permasalahan tanah timbul, banyak di Cilacap, akan kami selesaikan," katanya, Jumat (3/2).

Hadi mengatakan tanah timbul merupakan tanah milik negara yang nantinya akan diselesaikan permasaahannya oleh Kementerian ATR/BPN untuk kepentingan masyarakat.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar mengharapkan Kementerian ATR/BPN membantu menyelesaikan permasalahan tanah timbul yang banyak bermunculan di Kabupaten Cilacap, khususnya di Kawasan Laguna Segara Anakan.

"Jadi, banyak tanah timbul di Kabupaten Cilacap, mohon Bapak Menteri dan jajaran bisa membantu kami untuk memperjelas status dari tanah timbul," kata Menteri Hadi.

Tanah timbul di Kabupaten Cilacap banyak dijumpai di Kawasan Segara Anakan akibat tingginya sedimentasi dari sungai-sungai yang bermuara di kawasan laguna, terutama Sungai Citanduy di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Keberadaan tanah timbul di Kawasan Segara Anakan saat ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk lahan pertanian dan tambak. (antara/jpnn)

Hadi Tjahjanto mengaku siap membantu penyelesaian masalah tanah timbul di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Redaktur & Reporter : Danang Diska Atmaja

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News