Adaptasi Go Green, Konsep Tata Ruang Ganjar Perhatikan Aspek Lingkungan

Sabtu, 04 Februari 2023 – 11:30 WIB
Adaptasi Go Green, Konsep Tata Ruang Ganjar Perhatikan Aspek Lingkungan - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali menginisiasi gerakan menjaga lingkungan dan memperhatikan tata ruang masyarakat.

Lewat gerakan itu, Ganjar mengadaptasi konsep go green dalam perencanaan pembangunan Jawa Tengah 2023.

"Sekarang trennya go green. Maka kemudian kami mencoba untuk membicarakan kepada banyak khalayak, termasuk pemerintah daerah," kata Ganjar di kantornya, Jumat (3/2).

Ganjar meminta para kepala daerah memperhatikan tata ruang pembangunan. Menurutnya, menjaga aspek lingkungan harus diutamakan dalam konteks pembangunan.

"Memang kebutuhan ruang lebih tinggi. Maka seringkali kalau saya ngeledek itu 'tata ruang itu sering kalah dengan tata uang', karena kebutuhannya yang penting dapat uang, padahal itu akan mengurangi daya dukung lingkungan, termasuk gradasinya," katanya.

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu juga mengingatkan agar pembangunan memperhatikan pertumbuhan penduduk.

Pembangunan bisa sejalan dengan ketersediaan lapangan kerja, termasuk soal pasokan pangan agar semua kebutuhan tercukupi.

"Yang kedua adalah akomodasi terhadap jumlah penduduk yang tumbuh. Sekarang, kan, terjadi bonus demografi, ini mesti kita kasih ruang, kita kasih kerja, menyiapkan pangan, dan seterusnya," katanya.

Ganjar Pranowo kembali menginisiasi gerakan menjaga lingkungan dan memperhatikan tata ruang masyarakat.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News