Aksi Bersih-bersih Pantai Teluk Penyu Cilacap, Terkumpul 850 Kg Sampah

Jumat, 09 Juni 2023 – 15:00 WIB
Aksi Bersih-bersih Pantai Teluk Penyu Cilacap, Terkumpul 850 Kg Sampah - JPNN.com Jateng
Peserta Aksi Bersih-Bersih Pantai Teluk Penyu memunguti sampah yang berserakan di area Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (9/6/2023) pagi. (ANTARA/HO-SBI)

jateng.jpnn.com, CILACAP - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik (Semen Indonesia Group) bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Teluk Penyu, Jumat (9/6).

Dalam aksi bersih-bersih tersebut, terkumpul sebanyak 850 kg sampah yang dilakuak oleh lebih dari 200 orang yang meliputi aparat organisasi perangkat daerah, pelajar, mahasiswa, pecinta lingkungan, dan masyarakat nelayan Pantai Teluk Penyu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap Sri Murniyati mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam Aksi Bersih-bersih Pantai Teluk Penyu dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023.

"Kebersamaan ini harus kita rawat. Momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 adalah salah satu momentum kebersamaan di mana kita membina kebersamaan dan sekaligus menjaga lingkungan tetap nyaman dan bersih," katanya, Jumat (9/6).

Sementara itu, Manajer Hubungan Masyarakat PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Dewi Hestyani mengatakan sampah yang masih punya nilai ekonomi, akan diserahkan ke bank sampah.

"Sisanya akan dikirim ke TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, untuk diolah menjadi RDF (Refuse-Derived Fuel)," katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa PT Solusi Bangun Indonesia Tbk pada Senin (5/6) telah menyelenggarakan Aksi Sedekah Sampah dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Sedunia 2023.

Dalam kegiatan tersebut, menurut dia, karyawan perusahaan memilah sampah dari rumah dan area kerja sehingga terkumpul sampah plastik sebanyak 98 kg, kardus sebanyak 774 kg, botol kaca sebanyak 36 kg, besi sebanyak 13 kg, dan jelantah sebanyak sembilan liter.

Sebanyak 850 kg sampah dikumpulkan dalam Aksi Bersih-Bersih Pantai Teluk Penyu di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, Jumat pagi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News