Hampir Separuh Warga NU Jawa Tengah Berpenghasilan Rp 500 Ribu per Bulan

Sabtu, 12 Februari 2022 – 11:03 WIB
Hampir Separuh Warga NU Jawa Tengah Berpenghasilan Rp 500 Ribu per Bulan - JPNN.com Jateng
Tangkap layar - Ketua Tanfiziyah PWNU Jateng KH Muhammad Muzamil dalam Muskerwil PWNU Jawa Tengah dan Harlah NU ke 99 H. FOTO: akun LDNU Jawa Tengah di YouTube

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Rois Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah (Jateng) Kiai Haji (KH) Ubaidillah Shodaqoh menyampaikan bahwa saat ini jumlah warga NU yang terdata secara keanggotaan di wilayah itu sebanyak 4,1 juta jiwa. 

Dari jumlah tersebut, ternyata hampir separuhnya berpenghasilan jauh di bawah upah minimum kerja (UMK) kabupaten/kota maupun provinsi. 

Kiai Ubaid mengatakan berdasarkan pendataan yang dilakukan pihaknya ada sebanyak 1,8 juta warga NU Jawa Tengah yang berpengahasilan Rp 500 Ribu per bulan. 

"Berdasarkan penghasilan, mereka (warga NU Jawa Tengah) yang menulis kurang dari 500 ribu itu sejumlah 1.877.787 atau 44 persen," ungkapnya dalam Muskerwil PWNU Jawa Tengah dan Harlah NU ke 99 H, dikutip dari akun LDNU Jawa Tengah di YouTube, Kamis (10/2). 

Sementara, lanjut dia, warga NU yang berpenghasilan di atas Rp 1 juta sejumlah 1,1 juta orang atau 26 persen. 

"(Berpenghasilan) Rp 2 juta ke atas itu hanya 6,53 persen, dan Rp 1-2 Juta sejumlah 19 persen," paparnya. 

Ketua Tanfiziyah PWNU Jateng KH Muhammad Muzamil merasa prihatin dengan kondisi warga NU di wilayahnya yang berpenghasilana Rp 500 ribu per bulan. 

Saat ini, pihaknya sedang mengupayakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan nahdiyin Jateng, terutama di bidang usaha kecil menengah (UKM). 

Hampir separuh warga NU Jawa Tengah hidup dengan penghasilan Rp 500 ribu per bulan. Jadi bahasan serius di Muskerwil PWNU Jawa Tengah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News