50 Tahun Rumah Supono Tak Pernah Direnovasi, Ganjar Langsung Bereaksi

Rabu, 19 Januari 2022 – 17:10 WIB
50 Tahun Rumah Supono Tak Pernah Direnovasi, Ganjar Langsung Bereaksi - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berkunjung ke kediaman Supono di Desa Gemuruh, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Rabu (19/1). FOTO: Dokumentasi Pribadi untuk JPNN.com

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Supono (43) dan istrinya Sukanti (35), langsung histeris dan berlutut saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memasuki rumahnya yang berukuran 6x9 meter, Rabu (19/1). Kebahagiaannya tak terkira, sebab Ganjar datang menawarkan renovasi pada rumahnya.

“Pak Ganjar maturnuwun (terima kasih) Pak kaya ngimpi (seperti mimpi),” ucap Pono saat bertemu Ganjar.

Ganjar langsung bereaksi dan membangunkan Supono yang berusaha memeluk kedua kakinya. Sambil meminta Supono untuk berhenti menangis, Ganjar mengajaknya duduk di ruang tamu yang seadanya itu.

Supono dan istrinya, tinggal dalam rumah peninggalan mendiang orang tua yang terletak di Desa Gemuruh, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara. 

Supono yang sehari-hari bekerja serabutan, tak mampu untuk merenovasi rumahnya.

Supono bercerita, rumah yang ditinggalinya adalah rumah peninggalan mendiang orang tua dari istrinya. Diperkirakan, rumah tersebut sudah berusia lebih dari setengah abad dan belum pernah diperbaiki.

“Kalau hujan bocor, tidurnya di tempat adik. Nggabung karena masih bujang,” katanya.

Supono merupakan Pengurus Ranting Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Wakil Sekertaris Ranting. Supono tak menyangka, siang itu bisa duduk berdampingan dengan seorang gubernur.

Ganjar Pranowo kembali menawarkan renovasi rumah kepada kader PDIP di daerah-daerah.