BMKG Beri Peringatan yang Tak Biasa, Seluruh Wilayah di Jawa Tengah Harap Waspada

Rabu, 26 Januari 2022 – 17:36 WIB
BMKG Beri Peringatan yang Tak Biasa, Seluruh Wilayah di Jawa Tengah Harap Waspada - JPNN.com Jateng
ANTARA FOTO/Rahmad/hp.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di Jawa Tengah dalam 3 hari ke depan berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Kondisi itu diperkirakan merata di seluruh wilayah itu. 

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Ahmad Yani Semarang Sutikno mengungkapkan dinamika atmosfer membuat potensi sirkulasi siklonik di wilayah Australia bagian barat.

Menurutnya, kondisi itu mempengaruhi adanya pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Indonesia, terutama di bagian selatan ekuator.

Sehingga, potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah dapat meningkatkan potensi penguapan dan mengindikasikan adanya penambahan massa uap air, tak terkecuali sebagian besar daerah di Jawa Tengah.

"Anomali suhu muka laut positif di wilayah perairan Jawa Tengah dapat menyebabkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan," kata Sutikno dalam keterangan tertulis, Rabu (26/1).

Kondisi itu dapat berdampak pada cuaca ekstrem yang terjadi 3 hari ke depan di sebagian daerah Jawa Tengah. Curah hujan sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi mulai hari ini, Rabu (26/1) sampai Jumat (28/1).

Pihaknya meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan potensi munculnya bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," ucapnya.

Hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi terjadi di sebagian besar daerah Jawa Tengah, dalam 3 hari ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News