Manfaat Konsumsi Susu Kefir yang Belum Banyak Diketahui

Selasa, 25 Januari 2022 – 01:00 WIB
Manfaat Konsumsi Susu Kefir yang Belum Banyak Diketahui - JPNN.com Jateng
Berbagai macam produk berbahan baku kefir produksi Az Zahra (Foto: ANTARAJATENG.COM/Aris Wasita Widiastuti)

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Anggota Lembaga Penelitian dan Pengembangan Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara dr. Titik Kusumawinakhyu, M.Biomed menyarankan pasien untuk mengonsumsi kefir, yakni minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi karena memiliki banyak manfaat.

"Kami bersama dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah melakukan penelitian tentang kefir sebagai sumber gizi dan nutrisi bagi pasien di RSI Banjarnegara," katanya di Banjarnegara, Senin (24/1).

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya bersama Ns. Nur Isnaeni, M.Kep. dari Fakultas Kesehatan UMP serta dua mahasiswa yang terdiri atas Endah dan Miftah melakukan penelitian dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

Menurut dia, pengabdian kepada masyarakat tersebut berupa transfer ilmu pengetahuan serta hasil penelitian berupa susu kefir yang kaya manfaat.

Lebih lanjut, Titik mengatakan kefir dipilih karena mudah dibuat serta bermanfaat dan belum banyak diketahui.

"Juga belum banyak dimanfaatkan secara langsung di fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit," katanya.

Ia mengharapkan setelah instalasi gizi dapat memproduksi susu kefir maka dapat direkomendasikan sebagai sumber gizi dan nutrisi bagi pasien RSI Banjarnegara yang mempunyai penyakit tidak menular (PTM), seperti diabetes melitus dan hipertensi maupun pasien non-PTM (penyakit yang dikarenakan virus, bakteri, maupun jamur) serta pasien yang sedang dalam pemulihan luka.

Menurut dia, penelitian dilakukan pada hewan coba mencit Balb/c (tikus albino) yang mengalami luka bakar akibat sinar ultra violet B (UV B) dan menghasilkan bukti yang signifikan dapat menyembuhkan luka bakar.

Susu Kefir ternyata mengandung berbagai manfaat yang belum banyak diketahui. Dokter ini beri penjelasan terperinci.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia