KA Argo Lawu Solo-Jakarta Gunakan Gerbong Eksekutif & Luxury New Generation

Senin, 18 Desember 2023 – 13:56 WIB
KA Argo Lawu Solo-Jakarta Gunakan Gerbong Eksekutif & Luxury New Generation - JPNN.com Jateng
Penampakan dalam gerbong baru KA Argo Lawu, Senin (18/12/2023). Foto: Doc. Humas Daop 6

jateng.jpnn.com, SOLO - Rangkaian gerbong kereta Eksekutif New Generation dan kereta Luxury New Generation mulai dioperasikan Daop 6 Yogyakarta, Senin (18/12). KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir dipilih menjadi kereta pertama yang menggunakan jenis gerbong itu.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan kereta Luxury New Generation tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 sampai dengan 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

Krisbiyantoro menjelaskan pengoperasian kereta tersebut merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada seluruh pelanggan menyambut liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, khususnya pelanggan KA Argo Lawu. 

"Selanjutnya, kereta ini akan kami operasikan untuk kereta api lainnya secara bertahap," katanya.

Gerbong kereta Eksekutif dan Luxury New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar-kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap. 

Krisbiyantoro menambahkan Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan.

"Jendela kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass. Sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik," beber dia. 

Rangkaian gerbong kereta Eksekutif New Generation dan Luxury New Generation mulai dioperasikan Daop 6 Yogyakarta, Senin (18/12)
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News