Bandara Ahmad Yani Semarang Siap Menghadapi Mudik Lebaran 2024, Antisipasi Bird Strike

Selasa, 05 Maret 2024 – 20:12 WIB
Bandara Ahmad Yani Semarang Siap Menghadapi Mudik Lebaran 2024, Antisipasi Bird Strike - JPNN.com Jateng
General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang memastikan gangguan-gangguan hewan liar khususnya burung di landasan pacu terminimalisir menjelang mudik Lebaran 2024.

Bird strike atau serangan hewan khususnya dari burung liar masuk penanganan Wildlife Hazard Management di bandara dalam pemetaan Runway Safety Team terhadap keselamatan operasi penerbangan.

General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Fajar Purwawidada mengatakan telah memasang kamera pengawas atau CCTV yang didukung Artificial Intelligence di landasan pacu.

"Masalah burung-burung liar di bandara, kami sudah memasang lebih 20 CCTV di sepanjang runway sehingga bisa memonitor semua kendala-kendala," kata Fajar di Bandara Ahmad Yani Semarang, Selasa (5/3).

Termasuk potensi runway incursion dan excursion potensi hazard di area airside, serta pengaplikasian Teknologi Smart Stream Artificial Intelligence dalam kesiapan menghadapi Posko Lebaran 2024.

Lewat alat tersebut, Bandara Ahmad Yani menjadi pionir bertransformasi berbasis digitalisasi dengan mengembangkan sistem artificial intelligence. Smart Stream terbukti membantu memonitor semua kegiatan maupun fasilitas yang dibutuhkan penumpang.

"Alat itu bisa menghitung jumlah penumpang, penerbangan, termasuk kebutuhan troli. Ini memudahkan petugas memonitor sirkulasi yang terjadi," ujarnya.

Sesuai rencana Posko Lebaran 2024 akan digelar pada H-7 sampai dengan H+7 Hari raya Idulfitri 2024. Sejumlah stakeholder dilibatkan memantau trafik pergerakan angkatan udara memantau operasional keselamatan penerbangan dan keamanan bandara.

Bandara Ahmad Yani Semarang memastikan gangguan-gangguan hewan liar khususnya burung di landasan pacu terminimalisir menjelang mudik Lebaran 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News