Baznas Serahkan Bantuan Logistik Banjir & Renovasi Masjid di Semarang

Sabtu, 16 Maret 2024 – 18:52 WIB
Baznas Serahkan Bantuan Logistik Banjir & Renovasi Masjid di Semarang - JPNN.com Jateng
Ketua Baznas RI Noor Achmad menyerahkan bantuan logistik banjir secara simbolis di Ponpes Putri As-Saadah Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia mendistribusikan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (16/3).

Ketua Baznas RI Noor Achmad mengatakan penanganan tanggap darurat bencana menjadi fokus perhatian pihaknya. Salah satunya di Kota Semarang yang kini dilanda banjir.

Komitmen penanganan banjir tersebut tak hanya dilakukan di Kota Semarang, melainkan sejumlah daerah di Jateng yang kini juga terdampak. Bantuan-bantuan logistik juga digelontorkan.

"Banjir di seluruh Indonesia ada, tidak hanya di Semarang tetapi di Pekalongan, Kudus, Demak, Grobogan. Sementara ini kami terjun di daerah-daerah terdampak tersebut," katanya saat berada di Pondok Pesantren (Ponpes) Putri As-Saadah, Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Bantuan secara simbolis dilakukan di ponpes tersebut dan di Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Pihaknya menerjunkan tim untuk melakukan pendataan secara berkala terkait kebutuhan warga terdampak banjir.

"Ada tim juga yang sudah ada di Pekalongan, insyaallah saya juga akan ke sana. Mudah-mudahan kami bisa ke tempat-tempat lain, intinya Baznas memiliki konsentrasi terhadap bencana," ujarnya.

Dalam penanganan darurat bencana, pihaknya mengalokasikan anggaran mencapai Rp 5 miliar. Selain dalam wujud bantuan logistik keluarga, juga berbentuk renovasi bangunan-bangunan fasilitas umum (fasum) seperti musala, dan masjid yang terdampak banjir.

Khusus bantuan logistik keluarga yang berupa sembilan bahan pokok (sembako) baru mendistribusikan sebanyak 100 paket. Termasuk di antaranya ada selimut, dan obat-obatan.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia mendistribusikan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir di Kota Semarang
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News