Naik Kapal Perang, Ratusan Pemudik Tujuan Jateng Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas

Sabtu, 06 April 2024 – 22:50 WIB
Naik Kapal Perang, Ratusan Pemudik Tujuan Jateng Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas - JPNN.com Jateng
Ratusan pemudik naik KRI Banda Aceh tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sebanyak 696 pemudik dan 155 unit sepeda motor dari Jakarta tiba di Dermaga Nusantara 2 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu (6/4). Ratusan pemudik tujuan Jawa Tengah (Jateng) tersebut diangkut KRI Banda Aceh.

Kapal perang dengan nomor lambung 593 tersebut dilepas langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di Markas Komando (Mako) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara, Jumat (5/4).

"Alhamdulillah tiba dengan selamat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Selamat datang di Kota Semarang," kata Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, seusai menyambut pemudik.

Mbak Ita bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Semarang mengapresiasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang telah mendukung pelaksanaan program mudik gratis Lebaran 2024.

"Program mudik gratis ini sebagai upaya mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan di jalan raya. Dengan naik kapal, lebih nyaman dan selamat sampai tujuan bertemu keluarga di kampung halaman," ujar Mbak Ita.

Senada, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto mengatakan, program mudik gratis kapal perang ini merupakan upaya pemerintah mengurangi risiko kecelakaan dan kemacetan.

"KRI Banda Aceh-593 ini mengambil rute Jakarta-Semarang-Surabaya mengangkut jumlah pemudik 1026 orang dan sepeda motor 276 Unit. Pemudik dari Jakarta yang turun di Semarang sebanyak 696 orang dan sepeda motor 155 unit," kata Kolonel Andri.

Sementara itu pemudik yang berangkat dari Semarang turun Surabaya berjumlah 38 orang dan sepeda motor 12 unit. Perjalanan ini akan tiba di Surabaya pada Minggu (7/4).

Sebanyak 696 pemudik dan 155 unit sepeda motor dari Jakarta tiba di Dermaga Nusantara 2 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu (6/4).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News