Menjelang Lebaran, Jalan Kaligawe Semarang Banjir Lagi, Ketinggian Capai 40 Cm

Minggu, 07 April 2024 – 16:52 WIB
Menjelang Lebaran, Jalan Kaligawe Semarang Banjir Lagi, Ketinggian Capai 40 Cm - JPNN.com Jateng
Kondisi banjir di Jalan Raya Kaligawe Semarang. FOTO: Humas Pemkot Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyatakan percepatan penanganan banjir di Jalan Raya Kaligawe terus dilakukan. Kondisi genangan di tikungan dan bawah Jembatan Tol Kaligawe telah kering.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Suwarto mengatakan upaya penanganan penarikan genangan air telah dimaksimalkan menggunakan pompa. Walau begitu, dia menyebut penurunan debit air belum signifikan.

"Sudah ada penurunan, tetapi tidak signifikan dikarenakan Kali Tenggang masih tinggi dan melimpas," kata Suwarto, Minggu (7/4). Dia bilang tertahannya air tak bisa mengalir ke laut lantaran sedang terjadi pasang air laut.

Menurutnya, informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan banjir rob sedang terjadi pesisir utara Jawa Tengah. "Ada edaran dari BMKG bahwa air muka laut sedang naik, jadi waspada banjir rob," kata Suwarto

Kendati begitu, upaya pengoptimalan pompa terus dilakukan. Dia menyebut kondisi itu dapat dilihat di tikungan dan bawah Jembatan Tol Kaligawe telah kering. "Di tikungan dan bawah Jembatan Tol Kaligawe sudah kering, tetapi kami masih standby," katanya.

Kini fokus dititikkan di depan Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung. Menurutnya, di lokasi tersebut masih belum signifikan penurunannya. Pasalnya, debit di Kali Tenggang masih tinggi, dampak pasang air laut.

"Kami sudah melakukan pompanisasi, ditambah hari ini juga mendatangkan tiga pompa dari Solo," ujarnya, menyebut penambahan pompa tersebut dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

Suwarto mengatakan, kedalaman air di Jalan Raya Kaligawe bervariasi. Mulai 25 sentimeter (cm) hingga 40 cm. Walau begitu, pihaknya telah menerjunkan pompa portabel di belakang RSI Sultan Agung untuk mempercepat penarikan genangan air.

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyatakan percepatan penanganan banjir di Jalan Raya Kaligawe terus dilakukan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News