Syawalan, Warga Demak Gelar Sedekah Laut, Bupati: Wujud Rasa Syukur

Rabu, 17 April 2024 – 15:34 WIB
Syawalan, Warga Demak Gelar Sedekah Laut, Bupati: Wujud Rasa Syukur - JPNN.com Jateng
Sedekah laut di Desa Bungo, Wedung, Demak, Rabu (17/4). Foto: Sigit AF

jateng.jpnn.com, DEMAK - Bupati Demak Eisti'anah ikut larut dalam keseruan tradisi syawalan yang jatuh pada hari ketujuh Lebaran 2024 di Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Rabu (17/4).

Tradisi yang dikenal sebagai bakda syawal atau Syawalan, merupakan bentuk rasa syukur dan rasa terima kasih kepada Allah SWT atas nikmat dan rezeki yang tidak terhingga.

“Tradisi ini adalah warisan leluhur kita, di mana masyarakat pesisir menunjukkan rasa syukur mereka dengan melarung sesaji ke laut. Ini adalah bentuk lokal wisdom, cara warga pesisir untuk menghargai alam yang telah memberikan ikan yang melimpah,” katanya.

Perayaan ini diawali dengan manaqiban dan pengajian, yang kemudian dilanjutkan dengan hiburan rakyat berupa pertunjukan ketoprak.

Sesaji yang dilarung ke tengah laut terdiri dari berbagai jenis, termasuk kepala kambing kendit, jajan pasar, kelapa muda, buah-buahan, bubur, dan makanan khas Hari Raya Idulfitri.

Prosesi pelarungan sesaji berangkat dari dermaga Desa Bungo, dengan perjalanan lebih dari 60 menit menuju tengah laut.
Pengawalan ketat dari Polairud dan TNI Angkatan Laut menjamin keamanan selama perjalanan. Di tengah laut, sesepuh desa memimpin doa untuk kesehatan, keselamatan, dan keberkahan rezeki bagi warga nelayan dan masyarakat pada umumnya.

Salah satu anggota panitia sedekah laut dan syawalan Sutriman mengatakan bahwa hanya melarung kepala kambing, sementara dagingnya dimasak dan dimakan besama-sama untuk acara slametan malam harinya.

“Ini adalah bagian dari tradisi kami yang kaya akan makna. Untuk lokasi pelarungan, kami memilih tempat yang jauh di tengah laut, sekitar 3 KM dari pantai, kami percaya itu adalah tempat yang paling tepat untuk mengembalikan sesaji kepada laut,” katanya.

Bupati Demak Eisti'anah ikut larut dalam keseruan tradisi syawalan yang jatuh pada hari ketujuh Lebaran 2024
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News