Berkunjung ke Solo, Wapres Wacanakan Penambahan Kuota Jemaah Haji & Fast Track

Jumat, 31 Mei 2024 – 21:50 WIB
Berkunjung ke Solo, Wapres Wacanakan Penambahan Kuota Jemaah Haji & Fast Track - JPNN.com Jateng
Wapres Ma'ruf Amin bersama rombongan saat menyapa jemaah calon haji di dalam Pesawat Garuda Indonesia, Jumat (31/5/2024). Foto: Dokumentasi Humas Korem 074 Warastratama

jateng.jpnn.com, SOLO - Wapres Ma'ruf Amin mengunjungi proses fast track Makkah Route di Bandara Adi Soemarmo Solo pada Jumat (31/5). Dia mewacanakan penambahan fasilitas fast track dan kouta jemaah haji untuk 2025. 

Dalam kunjungannya Ma'aruf Amin didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Dirjen Imigrasi Saudi Arabia Sulaiman Bin Abdul Aziz dan Wapres terpilih Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka.

Rombongan Wapres juga menyempatkan diri menemui rombongan jemaah haji kloter ke-70 di dalam cabin pesawat Garuda Indonesia. 

"Perlu diberi tahu pengurusan jamaah haji tahun ini Indonesia mendapatkan fast track atau Makkah route itu pengurusannya di Indonesia satu satunya negara yang dapat tiga tempat Embarkasi itu Indonesia," ujarnya setelah peninjauan.

Adapun 3 lokasi fast track di Indonesia, yakni Surabaya, Jakarta dan Solo. 

Menurut Ma'ruf hal tersebut merupakan perlakuan istimewa dari Pemerintah Arab Saudi. Keakraban dari kedua negara menjadi salah faktor.

"Selain itu kita juga diberi jatah tambahan haji sebanyak 20 ribu. Itu juga istimewa dan banyak lagi insyaallah istimewa-istimewa itu," kata dia.

Ma'aruf berharap, pelaksanaan ibadah haji tahun depan Pemerintah Arab Saudi menambah jumlah layanan fast track dan kouta jemaah haji untuk Indonesia.

"Bukan hanya tiga, bisa ditambah lagi. Bukan hanya 20 ribu tambah lagi, karena kita menunggunya hampir 50 tahun. Insyaallah akan ditambahkan lagi," kata dia. 

Dirjen Imigrasi Saudi Arabia Sulaiman Bin Abdul Aziz menuturkan jika para jemaah sangat senang dengan adanya layanan ini. Karena mereka diperiksa di negaranya sendiri, sehingga mudah, dan tidak melelahkan. 

"Inilah buah daripada hubungan Indonesia dan Saudi lahirnya Makkah route ini. Oleh karena itu persahabatan itu harus terus dibangun tidak hanya tiga Embarkasi akan ditambah dan banyak lagi hubungan yang akan kita bangun dalam rangka memperat lagi hubungan," tutupnya. (mcr21/jpnn)

Wapres Ma'ruf Amin mengunjungi proses fast track atau Makkah router di Bandara Adi Soemarmo Solo, Jumat (31/5).

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Romensy Augustino

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News