Hujan Deras Mengakibatkan Banjir & Longsor di Banyumas

Senin, 09 September 2024 – 12:54 WIB
Hujan Deras Mengakibatkan Banjir & Longsor di Banyumas - JPNN.com Jateng
Warga bekerja bakti menyingkirkan material longsoran di Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (9/9/2024). ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Banyumas

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Bencana longsor dan banjir terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Minggu (8/9).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas Budi Nugroho mengatakan berdasarkan asesmen yang dilakukan pada Minggu (8/9) malam hingga Senin (9/9) dini hari, bencana tanah longsor terjadi di satu desa.

"Sementara bencana banjir terjadi di tiga desa," ujarnya di Purwokerto, Senin (9/9).

Dia menyebutkan bencana tanah longsor terjadi di Grumbul Gandusari, Desa Cibangkong RT 05 RW 02, Kecamatan Pekuncen, pada hari Minggu (8/9), sekitar pukul 19.00 WIB, akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak pukul 13.00 WIB.

Dia mengatakan tanah longsor tersebut terjadi pada ruas jalan kabupaten yang sebelumnya telah mengalami keretakan.

"Oleh karena diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama lebih kurang enam jam, ruas jalan yang telah mengalami keretakan itu akhirnya longsor sepanjang lima meter, tinggi empat meter, dan lebar sembilan meter," katanya.

Menurut dia, kejadian tersebut berdampak terhadap rumah milik Kuswanto (57) yang rusak pada bagian kaca karena tertimpa pohon nangka yang tumbang bersamaan dengan tanah longsor.

Kendati demikian, dia mengatakan bencana tanah longsor yang disertai pohon tumbang itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Bencana longsor dan banjir terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Minggu (8/9).
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News