Perjalanan Dini Mitasari: Atlet Sepak Takraw Berprestasi yang Menjadi Srikandi Militer

Senin, 07 Oktober 2024 – 16:22 WIB
Perjalanan Dini Mitasari: Atlet Sepak Takraw Berprestasi yang Menjadi Srikandi Militer - JPNN.com Jateng
Serka (K) Dini Mitasari, atlet sepak takraw Indonesia. FOTO: Dokumen untuk JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Tak pernah terbayangkan dari benak Dini Mitasari menjadi atlet sekaligus prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD). Meskipun menjadi tentara adalah cita-cita, tetapi cara bergabung sebagai abdi negara tak terduga.

Dini Mitasari adalah prajurit TNI dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) yang berpangkat sersan kepala atau serka. Dia bergabung dalam dunia militer melalui jalur prestasi pada 2015.

Sembilan tahun silam, dia memutuskan masuk ke Sekolah Calon Bintara (Secaba) setelah mendapat penghargaan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas prestasi dalam pertandingan sepak takraw tingkat internasional.

"Kebetulan momen pas saya mendapatkan reward dari Bapak Presiden Jokowi untuk masuk di Bintara Angkatan Darat jalur atlet," kata Dini, kepada JPNN.com, Senin (7/10).

Selama 11 bulan, Dini menempuh pendidikan Bintara. Tujuh bulan di Pusat Pendidikan Korps Wanita Angkatan Darat (Pusdik Kowad), dan empat bulan di kecabangan hukum, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar).

"Penempatan pertama di Dinas Jasmani Militer Angkatan Darat, Lembang kurang lebih tiga tahun lalu pindah tugas ke Kodam IV Diponegoro," kata perempuan kelahiran 1994 tersebut.

Dini bilang kepindahan tugasnya di Bumi Diponegoro juga karena mendapatkan penghargaan atas prestasi yang diraih. Kala itu dia diberi permintaan memilih dari atasannya.

"Akhirnya saya pindah kesatuan di Kodam IV Diponegoro," kata perempuan asal Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) ini.

Sang perempuan atlet sepak takraw berbaju loreng, Serka Dini Mitasari penuh prestasi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News