Peduli Talenta Muda, Persis Solo Siapkan Program Ini

Senin, 20 Maret 2023 – 20:48 WIB
Peduli Talenta Muda, Persis Solo Siapkan Program Ini - JPNN.com Jateng
Direktur Akademi Persis Solo Jacksen F Tiago. Foto: Media Officer Persis Solo.

jateng.jpnn.com, SOLO - Direktur Akademi Persis Solo Jacksen F Tiago ingin memanfaatkan Piala Dunia U-20 menjadi ajang mempromosikan talenta muda di Kota Solo. Pasalnya, Stadion Manahan Solo ditunjuk menjadi salah satu veneu pertandingan Piala Dunia U-20.

Langkah yang dilakukan nanti adalah menggelar kompetisi U-14 yang digelar oleh Persis Solo. Kompetisi ini akan digelar setelah Lebaran selama 13 pekan dari bulan Mei-Agustus 2023.

"Kita harap Piala Dunia U-20 menjadi ajang promosi sepak bola di Solo. Banyak pencari bakat dari luar negeri yang akan datang ke Solo. Sehingga kita harap bisa mempromosikan sepak bola di Solo," kata Jacksen saat ditemui di Stadion Mini Surakarta, Senin (20/3).

Kompetisi usia dini menjadi fokus Jacksen untuk mengorbitkan talenta muda di Kota Solo. Dengan munculnya talenta muda ini, diharapkan selalu ada regenarasi dari pemain Kota Solo untuk Laskar Sambarnyawa.

Sejumlah langka mulai dijalankan dengan menggelar kompetisi U-12 yang sudah terselenggara dalam ajang Piala Wali Kota 2023 di Stadion Mini Surakarta yang diikuti 24 tim. Saat pertandingan final, mantan pelatih Persis Solo itu datang dan menyaksikan langsung pertandingan.

Rencana ke depan, Persis Solo inging menggelar kompetisi U-14, yang kemudian dilanjutkan U-16, dan U-18. Selain itu, pembangunan training camp juga akan direalisasikan.

"Saya pribadi targetnya mampu bersaing dengan Persija Jakarta. Mereka mampu mengorbitkan pemain, menggelar kompetisi. Ada banyak wacana ke depan dengan jangka waktu relatif singkat, selain itu ada wacana membuat training camp," ujarnya.

Jacksen menuturkan langkah-langkah menggelar kompetisi bagi pemain usia dini merupakan program jangka panjang Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dengan bos Persis Solo Kaesang Pangarep dan Kevin Nugroho.

Persis Solo bakal menjalankan kompetisi kelompok umur untuk mencari dan mengorbitkan talenta muda.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News