Banjarnegara Jateng Dikepung Longsor, Ada 24 Titik Lokasi Terdampak

Senin, 08 Mei 2023 – 13:28 WIB
Banjarnegara Jateng Dikepung Longsor, Ada 24 Titik Lokasi Terdampak - JPNN.com Jateng
Sejumlah warga memerhatikan Jalan Watubelah, Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Senin (8/5/2023) pagi, yang longsor akibat hujan lebat pada Minggu (7/5/2023) siang hingga malam hari. ANTARA/HO-BPBD Banjarnegara

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Hujan lebat yang terjadi pada Sabtu (6/5) dan Minggu (7/5) mengakibatkan tanah longsor di 24 lokasi di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bajarnegara masih merekap laporan kejadian longsor akibat hujan yang terjadi pada Minggu (7/5) siang hingga malam hari.

"Untuk sementara tercatat sebanyak 17 lokasi yang tersebar di sejumlah kecamatan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo, Senin (8/5).

Dia mengatakan hujan lebat yang terjadi pada Sabtu (6/5) juga mengakibatkan longsor di tujuh lokasi.

Total, lanjut dia, untuk sementara pada periode 6-7 Mei 2023 tercatat sebanyak 24 kejadian tanah longsor di sejumlah kecamatan seperti seperti Pagedongan, Pandanarum, Madukara, Pagentan, Penjawaran, dan Susukan.

Selain tanah longsor, kata dia, pada Minggu (7/5) juga terdapat kejadian angin kencang di dua lokasi.

"Hingga saat ini, kami masih melakukan asesmen di lokasi kejadian longsor dan angin kencang," tuturnya.

Dia mengatakan berdasarkan pendataan sementara, kejadian tersebut mengakibatkan rumah warga mengalami kerusakan sedang di empat titik, rumah rusak ringan di 16 titik, rumah terancam longsor di delapan titik, dan korban luka-luka sebanyak dua orang.

Kabupaten Banjarnegara Jateng dikepung bencana longsor yang terjadi selama 2 hari. Masyarakat diimbau tetap waspada bencana susulan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News