Kasus Perundungan di Sekolah Makin Memprihatinkan, Pemkab Batang Buat Trobosan

Kamis, 05 Oktober 2023 – 11:17 WIB
Kasus Perundungan di Sekolah Makin Memprihatinkan, Pemkab Batang Buat Trobosan - JPNN.com Jateng
Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki. ANTARA/Dokumen Pribadi.

jateng.jpnn.com, BATANG - Kasus perundungan yang akhir-akhir ini mengemukan di sejumlah daerah membuat Pemkab Batang, Jawa gelisah.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan pihaknya menginisiasi pembentukan tim satuan tugas pencegahan perundungan tingkat sekolah.

Menurutnya, hal tersebut sebagai upaya meminimalkan tindak kekerasan yang dilakukan oleh para siswa di sekolah.

Dia mengatakan kasus perundungan pada siswa sekolah yang terjadi di beberapa daerah lain sudah sangat memprihatinkan sehingga hal tersebut perlu dicegah.

"Oleh karena itu, kasus perundungan pada siswa yang terjadi di daerah lain, kami minta jangan sampai terjadi di daerah ini. Perlu adanya pencegahan secara dini pada siswa," katanya, Kamis (5/10).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Budiono mengatakan bahwa pembentukan tim satgas perundungan melibatkan sejumlah instansi terkait seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Dinas Sosial, kepolisian, dan Kodim 0736/Batang.

"Satgas ini dibentuk di tingkat satuan pendidikan seperti sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas/sederajat. Tim ini akan memantau adanya indikasi kekerasan pada anak di lingkungan satuan pendidikan, kemudian untuk dilaporkan," katanya.

Menurut dia, dengan maraknya konten negatif di media sosial berpeluang bisa menimbulkan siswa membentuk sebuah geng atau organisasi di luar sekolah yang mengarah pada perilaku menyimpang.

Pemkab Batang buat terobosan brilian untuk mencegah kasus perundungan yang akhir-akhir ini marak terjadi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News