Puluhan Orang Ikuti Pelatihan Karawitan di Demak, Bupati: Jaga Budaya Leluhur

Selasa, 28 November 2023 – 12:08 WIB
Puluhan Orang Ikuti Pelatihan Karawitan di Demak, Bupati: Jaga Budaya Leluhur - JPNN.com Jateng
Bupati Demak Eisti'anah saat membuka acara pelatihan karawitan dan sastra Jawa di Aula Kelurahan Kadilangu, Selasa (28/11). Foto: Sigit AF/JPNN.com

jateng.jpnn.com, DEMAK - Puluhan masyarakat mengikuti pelatihan karawitan dan sastra Jawa di Aula Kelurahan Kadilangu, Kabupaten Demak, Selasa (28/11).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Demak Harris Wahyudi Ridwan mengatakan kegiatan ini diikuti 50 peserta dari Kelurahan Kadilangu.

Dia mengatakan pelatihan ini sengaja ditujukan kepada masyarakat karena dari kalangan guru dan tenaga pendidik sudah pernah mendapatkannya.

"Di kalangan guru taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) sudah dapat pelatihan. Ini kami sasar masyarakat," katanya.

Menurutnya, antusiasme masyarakat Kadilangu sangat tinggi dalam mengikuti pelatihan ini.

Kendati peserta hanya dibatasi 50 orang, dia berharap mereka menjadi embrio yang bisa mengenalkan karawitan dan sastra Jawa kepada masyarakat atau pun keluarga.

"Kami berharap setelah mereka kenal bisa cinta pada karawitan dan tradisi Jawa, serta tetap menjaga keberlangsungannya," katanya.

Bupati Demak Eisti'anah menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, pelatihan karawitan dan sastra Jawa adalah upaya untuk nguri-nguri kebudayaan para leluhur.

Puluhan orang ikuti pelatihan karawitan dan sastra Jawa di Demak. Bupati Eisti'anah harapkan mereka dapat jadi agen di tengah masyarakat.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News