Meski Meroket, Elektabilitas Ganjar Dapat Catatan

Kamis, 07 April 2022 – 15:54 WIB
Meski Meroket, Elektabilitas Ganjar Dapat Catatan - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memimpin rapat evaluasi penanganan Wadas. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Ganjar Pranowo meroket dalam dalam satu tahun terakhir, menurut Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Survei Capres 2024 terbaru yang dilakukan SMRC menunjukkan Gubernur Jawa Tengah itu mendapat tambahan dukungan paling tinggi dari 8,8 persen pada survei Maret 2021 menjadi 18,1 persen pada Maret 2022.

Demikian pula dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, suaranya naik dari 11,2 persen menjadi 14,4 persen.

Hasil survei itu berbanding terbalik dengan dukungan kepada Prabowo Subianto yang merosot dari 20 persen menjadi 17,6 persen.

Kendati demikian, Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas memberi catatan khusus mengenai elektabilitas Ganjar.

"Walaupun suara Ganjar mengalami peningkatan signifikan dalam setahun terakhir, tetapi cenderung datar dalam tiga bulan terakhir. Dari 19,2 persen pada Desember 2021 menjadi 18,1 persen pada Maret 2022," kata Abbas di Jakarta, Kamis (7/4).

Survei ini dilakukan pada 1.220 responden yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling terhadap keseluruhan populasi atau warga negara Indonesia (WNI).

Kriterinya adalah WNI yang sudah memiliki hak pilih, yakni mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.027 atau 84 persen.

Sebanyak 1.027 responden ini yang dianalisis.

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Elektabilitas Ganjar Pranowo paling meroket dalam hasil survei Capres 2024 terbaru oleh SMRC. Namun, ada catatan mengenai penurunan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News