Kemenkumham Nobatkan Jateng Jadi Pembina HAM Terbaik

Senin, 11 Desember 2023 – 16:22 WIB
Kemenkumham Nobatkan Jateng Jadi Pembina HAM Terbaik - JPNN.com Jateng
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana menerima penghargaan dari Menkumham Yasonna H Laoly. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, DEMAK - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menobatkan Jawa Tengah (Jateng) sebagai provinsi terbaik dalam membina kabupaten/ kota peduli HAM.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly kepada Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana pada Peringatan Hari HAM sedunia di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (10/12) malam.

Penghargaan tahun ini dinilai istimewa sebab Jateng menjadi provinsi penerima penghargaan dengan jumlah kabupaten/kota terbanyak berpredikat peduli HAM.

Dari 35 kabupaten/ kota di Jateng, ada 34 kabupaten/ kota yang sudah memenuhi kepedulian terhadap HAM.

"Jateng mendapatkan penghargaan lima provinsi terbaik, ini terkait dengan pembinaan dan pengembangan P5 (penghormatan, perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan) HAM," kata Nana, dalam keterangan tertulis, Senin (11/12).

Nana mengatakan banyaknya kabupaten/kota yang sudah berpredikat peduli HAM, menjadi salah satu indikator bagi Provinsi Jateng dalam memperoleh penghargaan. 

Selain itu, penilaian penghargaan ini  juga dilihat berdasarkan pemenuhan aspek hak sipil, hak politik, serta hak ekonomi dan sosial budaya.

Dalam kesempatan tersebut, Nana juga mengapresiasi pemerintah Kabupaten Purworejo dan Kantor Wilayah (Kanwi) Kementerian Hukum dan HAM Jateng juga menerima penghargaan. 

Kemenkumham menobatkan Jateng sebagai pembina HAM terbaik. Sebanyak 34 kabupaten/kota peduli HAM.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News