Memasuki Pertengahan Desember, Hujan Lebat Disertai Angin Diprediksi Melanda Kota Solo

Senin, 11 Desember 2023 – 17:26 WIB
Memasuki Pertengahan Desember, Hujan Lebat Disertai Angin Diprediksi Melanda Kota Solo - JPNN.com Jateng
Ilustrasi- Cuaca Mendung di wilayah Kentingan Solo beberapa waktu lalu. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah memprediksi sikus hujan disertai angin kencang dan sejenisnya berangsur turun menjadi hujan normal saat memasuki akhir tahun nanti.

Seperti diketahui, sejak pertengahan November hinga awal Desember, fenomena hujan yang mengguyur Kota Bengawan makin intens. 

Berdarkan prakiraan cuaca yang dirilis BMKG Jawa Tengah, pertengahan Desember 2023 masih masuk siklus perubahan musim dari  kemarau ke penghujan atau pancaroba. 

Musim seperti ini masih diwarnai hujan lebat disertai angin kencang dengan durasi yang berbeda-beda di masing-masing wilayah.

"Monitoring sampai dengan dasarian II November, masih masuk masa peralihan. Kalau pun di dasarian III November sudah sering hujan, barangkali sudah indikasi hendak masuk musim penghujan," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Jawa Tengah Iis Widya Harmoko, Senin (11/12).

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada akan potensi hujan sedang-lebat yang disertai angin kencang dan sambaran petir dalam beberapa waktu ke depan.

Sejumlah potensi kebencanaan yang mesti diantisipasi dalam kondisi tersebut adalah kejadian pohon tumbang, banjir, dan longsor yang kerap terjadi di masing-masing wilayah.

"BKMG selalu menginformasikan perkembangan terkini pada pihak-pihak terkait seperti BPBD, SAR, dan sukarelawan yang ada di kewilayahan agar lebih sigap dalam menghadapi dampak dari cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi," ungkapnya.

BMKG Jawa Tengah memprediksi hujan lebat disertai angin kencang bakal melanda Kota Solo selama pertengahan Desember 2023.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News