Sejak Awal Januari, Longsor Sering Terjadi di Banjarnegara, 161 Jiwa Mengungsi

Kamis, 11 Januari 2024 – 16:04 WIB
Sejak Awal Januari, Longsor Sering Terjadi di Banjarnegara, 161 Jiwa Mengungsi - JPNN.com Jateng
Ilustrasi longsor. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mencatat sejak awal Januari 2024 bencana longsor sering terjadi di lima kecamatan.

Lima kecamatan tersebut, yakni Banjarmangu, Punggelan, Pandanarum, Wanayasa, dan Pagentan.

"Kalau titik longsornya cukup banyak, karena dalam satu kecamatan bisa mencapai lebih dari sepuluh titik. Pengungsi dari lima kecamatan itu sudah mencapai 45 keluarga atau kurang lebih 161 jiwa," kata Kepala Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo, Kamis (11/1).

Dia menyatakan sebanyak 45 keluarga yang terdiri atas 161 jiwa mengungsi akibat bencana tanah longsor tersebut.

Terkait dengan kejadian tersebut, dia mengatakan pihaknya berupaya memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak, sehingga saat ini BPBD Kabupaten Banjarnegara melakukan penanganan pengungsian dan menempatkan pengungsi di tempat yang aman.

Selain itu, BPBD Kabupaten Banjarnegara juga membuka pos lapangan, memberikan bantuan, dan mengerahkan sumber daya sukarelawan untuk melakukan langkah-langkah penanganan serta upaya mitigasi.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan segera melakukan evakuasi mandiri jika terjadi hujan yang terus-menerus karena saat sekarang terjadi cuaca ekstrem," katanya.

Menurut dia, tim dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dipimpin langsung oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Lilik Kurniawan juga telah memberikan dukungan operasional mengingat kejadian bencana di Banjarnegara cukup masif.

Bencana longsor sering terjadi di Kabupaten Banjarnegara sejak awal Januari 2024. BPBD mencatat ada 161 jiwa dari 45 keluarga yang mengungsi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News