Sungai Tuntang Meluap, Jalur Utama Semarang-Grobogan Lumpuh Total

Selasa, 06 Februari 2024 – 09:02 WIB
Sungai Tuntang Meluap, Jalur Utama Semarang-Grobogan Lumpuh Total - JPNN.com Jateng
Luapan Sungai Tuntang melumpuhkan Jalur Utama Semarang - Grobogan. FOTO: Dokumen untuk JPNN

jateng.jpnn.com, GROBOGAN - Jalan provinsi penghubung Semarang-Purwodadi Grobogan, Jawa Tengah via Kecamatan Gubug lumpuh total akibat banjir luapan Sungai Tuntang, Selasa (6/2).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan Endang Sulistyoningsih menyebut kondisi tersebut membuat arus lalu lintas menuju dan dari Grobogan-Semarang tak bisa dilewati kendaraan

"Jalan provinsi Purwodadi-Semarang ini yang lewat Gubug lumpuh total (kendaraan, red) tidak bisa lewat karena air sudah melimpas di Jembatan Sungai Tuntang," kata Endang kepada JPNN.com.

Dia menyatakan akibat limpasan banjir, jalur provinsi tersebut sementara ini ditutup. Rekayasa lalu lintas dialihkan melalui Jalur Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Demak.

"Dari timur ditutup. Jalur sudah dialihkan lewat Pantura Demak, dari timur di Godong ditutup," ujarnya.

Pihaknya belum bisa menyebutkan kedalaman air karena luasan banjir kiriman tersebut terus bertambah. Air bah tersebut merupakan kiriman dari Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.

"Air kiriman dari Salatiga khususnya yang lewat Sungai Tuntang, Kedungjati terus turun ke bawah sampai Gubug. Terus ada kiriman dari Kabupaten Semarang lewat aliran Sungai Jragung," katanya.

Endang mengimbau masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan, termasuk tidak memaksa menerjang banjir, terutama pada arus yang masih tampak deras.

Jalur Utama Semarang-Grobogan dan sebaliknya lumpuh total akibat luapan Sungai Tuntang. Ini jalur alternatif yang bisa diambil.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News