Terkena Serangan Strok, Penumpang Kapal Pesiar Asal Amerika Dievakuasi Tim SAR Semarang

Minggu, 03 Maret 2024 – 13:46 WIB
Terkena Serangan Strok, Penumpang Kapal Pesiar Asal Amerika Dievakuasi Tim SAR Semarang - JPNN.com Jateng
Proses evakuasi penumpang Kapal Pesiar Viking Cruises mengalami serangan strok. FOTO: Tim SAR Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Seorang penumpang Kapal Pesiar Viking Cruises mengalami serangan strok di perairan Semarang, Sabtu (2/3) malam. Tim pencarian dan pertolongan terjun melakukan evakuasi medis sejauh 10 mil laut dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Kepala Basarnas Semarang Budiono mengatakan kapal itu telah berlayar meninggalkan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Ho Chi Minh, Vietnam pada pukul 17.55 WIB.

Sejauh 35 mil laut atau 64,82 kilometer dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pihaknya mendapat informasi penumpang bernama Caldwell Besair Pearl (70) asal Amerika Serikat terkena serangan strok pada pukul 21.40 WIB.

"Kami menerima info dari agen kapal bahwa ada penumpang yang mengalami serangan strok dan butuh evakuasi medis segera," kata Budiono, Minggu (3/3). Kapal KN SAR Sadewa dikerahkan melakukan evakuasi.

Menuju titik koordinat, Kapal KN SAR Sadewa memotong jalur di 10 mil laut. Upaya itu dilakukan untuk mempercepat dalam penjemputan. Tim terdiri Polisi Air dan Udara (Polairud), Karantina dan Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Termasuk Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas, Stasiun Radio Pantai (SROP), serta perwakilan agen Kapal Pesiar Viking Cruises melakukan evakuasi pukul 22.00.

"Jadi Kapal Pesiar Viking Cruiser kembali ke arah Semarang dan berjumpa dengan KN. SAR Sadewa di titik jarak sepuluh nautical mile untuk proses transfer perpindahan survivor," ujarnya.

Sekitar pukul 00.00 WIB, KN. SAR Sadewa bersandar kembali di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan membawa survivor. Selanjutnya survivor dibawa ke Rumah Sakit Columbia Asia Semarang menggunakan ambulans.

Tim SAR Semarang mengevakuasi penumpang Kapal Pesiar Viking Cruises yang terkena serangan serangan strok di tengah laut.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News