6 Kecamatan di Semarang Banjir, 158 Ribu Terdampak, Sejumlah Titik Mulai Surut

Jumat, 15 Maret 2024 – 16:06 WIB
6 Kecamatan di Semarang Banjir, 158 Ribu Terdampak, Sejumlah Titik Mulai Surut - JPNN.com Jateng
Banjir di Jalan Raya Kaligawe, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sebanyak 158.137 jiwa di enam kecamatan Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) terdampak banjir akibat cuaca ekstrem yang terjadi dalam kurun tiga hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Endro Pudyo Martanto menyebut, luas wilayah yang terdampak dari enam kecamatan itu meliputi 40 kelurahan.

Enam kecamatan yang terdampak, yaitu Kecamatan Genuk, Kecamatan Gayamsari, Kecamatan Pedurungan, Kecamatan Semarang Utara, Kecamatan Semarang Timur, dan Kecamatan Tugu.

"Pagi ini di wilayah Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan kami evakuasi lansia, balita, dan warga yang sakit," kata Endro kepada JPNN.com, Jumat (15/3).

Upaya evakuasi juga dilakukan di beberapa wilayah terdampak lainnya. Menurutnya, evakuasi menjadi langkah pertama dalam penanganan banjir di pertengahan Maret 2024 ini.

"Serta distribusi logistik permakanan, alhamdulilah di beberapa titik sudah mengalami penurunan genangan," ujarnya, menyebut distribusi logistik menggunakan perahu karet.

Kendati begitu, pihaknya mencatat ada beberapa titik yang masih tergenang banjir yaitu, Jalan Dempel Lor, Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan. "Masih cukup dalam, ketinggian genangan sekitar 70-80 sentimeter," katanya.

Hingga hari kedua ini, pihaknya menyatakan tidak ada kendala yang berarti akibat banjir. Hanya saja, jumlah perahu karet terbatas. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," katanya.

Sebanyak 158.137 jiwa di enam kecamatan Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) terdampak banjir akibat cuaca ekstrem yang terjadi dalam kurun tiga hari terakhir.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News