Cuaca Jawa Tengah 1 Syawal 1445 H, Hujan Diprediksi Turun Saat Salat Id di Daerah Ini

Selasa, 09 April 2024 – 21:25 WIB
Cuaca Jawa Tengah 1 Syawal 1445 H, Hujan Diprediksi Turun Saat Salat Id di Daerah Ini - JPNN.com Jateng
Prakiraan cuaca besok, Rabu (10/4) di Jawa Tengah akan diguyur hujan. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan rilis prakiraan cuaca Jawa Tengah pada Rabu 1 Syawal 1445 Hijriah atau 10 April 2024.

BMKG memprakirakan hujan akan turun di sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan khususnya Kabupaten Cilacap, Banyumas, dan sekitarnya.

"Pantauan cuaca dari Stasiun Meteorologi (Stamet) Tunggul Wulung Cilacap pada hari Selasa (9/4), pukul 05.00-10.00 WIB, terjadi hujan ringan hingga lebat disertai petir," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stamet Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo, Selasa (9/4).

Dia mengatakan curah hujan di wilayah perkotaan Cilacap pada Selasa (9/4) pagi tercatat 68 milimeter atau kategori lebat, di Bandara Tunggul Wulung tercatat 45 milimeter atau kategori sedang, dan di Dayeuhluhur tercatat 9 milimeter atau kategori ringan.

"Berdasarkan pantauan dinamika atmosfer menunjukkan adanya Madden Julian Oscillation (MJO) di fase empat atau Maritime Continent yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di Indonesia," ungkapnya.

Menurut dia, adanya gelombang atmosfer Kelvin yang salah satunya melewati Jawa bagian barat dan tengah serta adanya belokan angin di Jateng berdampak terhadap terjadinya hujan sedang hingga lebat, khususnya di wilayah Cilacap dan sekitarnya pada Selasa pagi.

"Khusus untuk tanggal 10 April 2024 wilayah Cilacap, Banyumas, dan sekitarnya, diprakirakan berawan pada pagi hari, ada potensi hujan ringan di beberapa wilayah di pesisir selatan. Namun pada sore hingga malam hari diprakirakan akan berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang," katanya.

"Bagi para pemudik tetap harus berhati-hati dalam perjalanan karena curah hujan dengan intensitas sedang disertai petir diprakirakan masih berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan, terutama pada sore hingga malam hari," kata Teguh menambahkan. (Antara/JPNN)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan rilis prakiraan cuaca Jawa Tengah pada Rabu 1 Syawal 1445 Hijriah atau 10 April 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News