Menhub Tak Mau Risiko Kemacetan, One Way Arus Balik Semarang-Jakarta Diberlakukan 2 Hari

Sabtu, 13 April 2024 – 18:06 WIB
Menhub Tak Mau Risiko Kemacetan, One Way Arus Balik Semarang-Jakarta Diberlakukan 2 Hari - JPNN.com Jateng
Pemberlakuan one way arus balik dari GT Kalikangkung hingga GT Cikatama. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Penerapan rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way arus balik Lebaran 2024 telah dimulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang menuju GT Cikampek Utama (Cikatama), Sabtu (13/4).

One way arus balik nasional sepanjang 372 kilometer ini akan diberlakukan selama dua hari mulai pukul 15.00 WIB-00.00 WIB pada Sabtu (13/4) hingga Minggu (14/4) besok.

Selain one way Semarang-Jakarta, juga diberlakukan contraflow dari KM 72 sampai KM 47 arah Jakarta di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Sementara puncak arus balik Lebaran ini diperkirakan pada Senin (15/4).

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan para pemudik harus mematuhi apa yang sudah ditetapkan.

Muhadjir meminta pemudik memastikan kembali kecukupan saldo e-Toll pada arus balik tahun ini. Termasuk kondisi kendaraan dan bahan bakar minyak (BBM) ketika hendak berkendara.

"Manfaatkan rest area (area peristirahatan, red) sepanjang perjalanan, serta jangan parkir di bahu jalan," kata Muhadjir, seusai membuka one way di GT Kalikangkung, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menambahkan pemberlakuan one way dimulai setelah ada penghitungan v/c ratio dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Berdasarkan penghitungan v/c ratio atau perbandingan volume dengan kapasitas ruas jalan yang cenderung meningkat. Pada penghitungan v/c ratio sudah lebih dari 1 bahkan ada yang 0,96.

One way arus balik Semarang-Jakarta diberlakukan 2 hari, Menhub: tak mau risiko kemacetan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News