One Way Arus Balik 13-14 April, Polda Jateng Minta Masyarakat Atur Jadwal Kepulangan

Jumat, 12 April 2024 – 17:20 WIB
One Way Arus Balik 13-14 April, Polda Jateng Minta Masyarakat Atur Jadwal Kepulangan - JPNN.com Jateng
Pantauan arus lalu lintas di GT Kalikangkung Kota Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) menyebut pemberlakuan rekayasa sistem satu arah atau one way arus balik Lebaran 2024 akan dimulai pada Sabtu (13/4) besok.

Sesuai rencana one way nasional dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang hingga KM 70 Cikampek akan dimulai pukul 14.00 WIB.

Keputusan tersebut berdasarkan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Mahajir Effendi dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Secara simbolis Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Aan Suhanan akan melepas pemudik yang akan kembali ke ibu kota melintasi Tol Trans Jawa tersebut.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Jateng, Komisaris Besar (Kombes) Pol Stefanus Satake Bayu Setianto menyebut, one way arus balik akan menyesuaikan kepadatan kendaraan yang melintas.

"Persiapkan diri dan kendaraan dengan baik. Pastikan kartu tol terisi cukup agar tidak terjadi kemacetan di gerbang tol," kata Kombes Satake, Jumat (12/4).

Pihaknya meminta masyarakat yang akan kembali ke perantauan dapat mengatur jadwal kepulangan atau menyesuaikan pemberlakuan one way.

"Puncak arus balik diprediksi terjadi pada tanggal 13 dan 14 April 2024. Silahkan gunakan pos polisi yang tersebar sepanjang jalur untuk beristirahat sejenak bila lelah," katanya.(mcr5/jpnn)

Polda Jateng minta masyarakat mengatur jadwal kepulangan saat one way arus balik pada 13-14 April.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News