Sejumlah Desa di Cilacap Dilanda Kekeringan, BPBD Kirim Bantuan Air Bersih

Senin, 03 Juni 2024 – 15:13 WIB
Sejumlah Desa di Cilacap Dilanda Kekeringan, BPBD Kirim Bantuan Air Bersih - JPNN.com Jateng
Sejumlah anak menyaksikan penyaluran bantuan air bersih yang dilakukan BPBD Kabupaten Cilacap di Desa Gintungreja, Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap, Minggu (2/6/2024). ANTARA/HO-BPBD Cilacap

jateng.jpnn.com, CILACAP - Sejumlah desa di Kabupate Cilacap, Jawa Tengah, terdampak kekeringan yang membuat warganya kekurangan air bersih.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap pun menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan tersebut.

"Setelah dua pekan tidak ada permohonan bantuan air bersih, sejak akhir pekan kemarin kami kembali menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cilacap Budi Setyawan di Cilacap, Senin (3/6).

Dia mengatakan pada hari Sabtu (1/6) menyalurkan bantuan air bersih sebanyak tiga tangki, yakni dua tangki untuk warga Desa Cimrutu di Kecamatan Patimuan, dan satu tangki untuk warga Desa Rawaapu di Kecamatan Patimuan.

Selanjutnya pada hari Minggu (2/6), pihaknya menyalurkan bantuan air bersih untuk warga Desa Gintungreja di Kecamatan Gandrungmangu dan Desa Rawaapu di Kecamatan Patimuan, masing-masing sebanyak satu tangki.

"Dengan demikian hingga saat ini kami telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak sembilan tangki untuk warga di lima desa, yakni Desa Bojong di Kecamatan Kawunganten, Desa Karanggintung dan Gintungreja di Kecamatan, serta Desa Cimrutu dan Rawaapu di Kecamatan Patimuan," katanya.

Terkait dengan hal itu, dia mengimbau warga yang terdampak kekeringan untuk efisien dalam menggunakan air bersih dan memanfaatkan bantuan air bersih tersebut sebagaimana mestinya.

"Bantuan air bersih tersebut diambil dari sumber air yang layak untuk memenuhi keperluan warga," ujarnya.

Sejumlah desa di Kabupate Cilacap, Jawa Tengah, terdampak kekeringan yang membuat warganya kekurangan air bersih.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News