BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Jateng Selatan, Berlaku 3 Hari

Kamis, 17 Februari 2022 – 16:30 WIB
BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Jateng Selatan, Berlaku 3 Hari - JPNN.com Jateng
Hujan lebat disertai petir dan angin kencang,. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jateng.jpnn.com, CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah bagian selatan dan pegunungan tengah Jateng. Kondisi itu diprakirakan terjadi dari 17-19 Februari 2022.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan ada beberapa faktor yang berpotensi memicu terjadinya cuaca ekstrem, salah satunya keberadaan tropical low 97S di Samudra Hindia barat daya Jawa Barat.

"Sebelumnya ada tiga tropical low, tetapi sekarang tinggal satu dan sudah menjauhi wilayah Indonesia," katanya, Kamis (17/2).

Kendati bergerak menjauhi wilayah Indonesia, dia mengatakan keberadaan tropical low 97S masih memengaruhi kondisi cuaca di wilayah Jawa Tengah, khususnya Jateng selatan dan pegunungan tengah Jateng.

Selain itu, kata dia, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di perairan barat daya Pulau Sumatra yang menyebabkan adanya belokan angin di wilayah Jawa Tengah serta anomali suhu muka laut di Samudra Hindia selatan Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Menurut dia, kelembapan udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

"Madden Julian Oscillation (MJO) pada 16 Februari 2022 berada pada Kuadran 3 (Indian Ocean) yang menunjukkan kontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia signifikan," katanya.

Terkait dengan hal itu, Teguh mengatakan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang telah mengeluarkan prospek cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Jawa Tengah termasuk Jateng selatan dan pegunungan tengah Jateng yang berlaku pada 17-19 Februari 2022.

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Jateng selatan. Berikut daerah yang harus waspada 3 hari ke depan.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News