Waspada, Gelombang Laut Tak Biasa Diprediksi BMKG Terjang Perairan Jawa Tengah

Jumat, 18 Februari 2022 – 10:21 WIB
Waspada, Gelombang Laut Tak Biasa Diprediksi BMKG Terjang Perairan Jawa Tengah - JPNN.com Jateng
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi. Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut potensi gelombang tinggi akan menerjang Laut Jawa bagian tengah.

Dari informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas yang diterima JPNN.com, perairan Kabupaten Pati hingga Rembang menjadi bagian yang akan mengalami terjangan tinggi gelombang laut.

"Tinggi gelombang 1,25 meter hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di Laut Jawa bagian tengah, Kabupaten Pati hingga Rembang," tulis BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas, Jumat (18/2).

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur laut menuju tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 hingga 20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan angin bertiup dari timur ke tenggara dengan kecepatan berkisar 2 hingga 25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, dan Laut Maluku," lanjut BMKG.

Dalam prediksi tersebut, terdapat saran keselamatan yang harus diperhatikan oleh pengguna transportasi pelayaran, baik nelayan kecil hingga kapal pesiar.

Peluang risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran pada perahu nelayan. Disebutkan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

BMKG memantau aktivitas gelombang laut yang berbahaya untuk warga pesisir dan nelayan di perairan Jawa Tengah. Simak baik-baik.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News