Kepatuhan Program JKN 31 Daerah di Jateng Membanggakan, 4 Kabupaten Jadi Perhatian

Selasa, 25 Juni 2024 – 13:31 WIB
Kepatuhan Program JKN 31 Daerah di Jateng Membanggakan, 4 Kabupaten Jadi Perhatian - JPNN.com Jateng
Sebanyak 31 daerah di Jateng mendapat apresiasi kepatuhan Program JKN. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sebanyak 31 kabupaten/ kota di Jawa Tengah (Jateng) menerima apresiasi kontribusi terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 2023. Kota Salatiga menjadi daerah terbaik.

Deputi Direksi Wilayah VI BPJS Kesehatan Mulyo Wibowo mengatakan pemerintah daerah merupakan pemangku kepentingan strategis yang diharapkan mampu memperkuat komitmen optimalisasi penyelenggaraan Program JKN.

Dukungan regulasi dan kebijakan untuk memastikan seluruh masyarakat Jateng terdaftar aktif dalam Program JKN.

Tak hanya itu, pemerintah daerah juga diharapkan secara aktif menghimbau kepada seluruh peserta JKN untuk patuh membayar iuran tepat waktu. Termasuk dari badan usaha.

"Karena itu kami akan meningkatkan mutu layanan, berusaha mensifikasi layanan menggunakan kartu identitas sudah cukup. Pelayanan cukup dengan KTP," katanya, di Hotel Gumaya Semarang, Selasa (25/6).

Dia menjelaskan per 1 Juni 2024, jumlah peserta JKN di Jateng sebanyak
37.021.042 jiwa dari total jumlah penduduk 38.125.191 jiwa. Jumlah itu mencapai 97,10 persen, dengan tingkat keaktifan sebesar 73,18 persen.

Sebanyak 31 kabupaten/kota di Jateng mendapatkan apresiasi kecuali empat daerah seperti Kendal, Cilacap, Grobogan, dan Jepara yang belum mencapai 95 persen.

Dengan angka tersebut, sebanyak 35 kabupaten/kota di Jateng telah mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) dengan cakupan kepesertaan JKN di atas 95 persen.

Sebanyak 4 kabupaten menjadi perhatian saat kepatuhan Program JKN 31 daerah di Jateng yang membanggakan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia