Selama Tiga Hari, Viaduk Gilingan Solo Ditutup saat Malam

Rabu, 26 Juni 2024 – 16:50 WIB
Selama Tiga Hari, Viaduk Gilingan Solo Ditutup saat Malam - JPNN.com Jateng
Dua pengendara memutar arah laju kendaraannya saat hendak melewati simpang Joglo Solo, Rabu (22/5/2024). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Akses Viaduk Gilingan di Jalan Ahmad Yani dari Simpang Ngemplak-Simpang Gilingan akan ditutup selama tiga malam mulai 26-28 Juni 2024. Penutupan yang dilakukan mulai pukul 22.00-05.00 WIB.

Divisi Teknik Penataan Viaduk Gilingan Aryo Bimantoro mengatakan rencana penutupan akses untuk sementara waktu itu dilakukan untuk pembangunan jembatan double track kereta api yang ada di lokasi itu.

“Kami akan melakukan pemasangan jembatan agar jadi double track. Sebelumnya, kan, masih satu jalur, dengan selesainya pekerjaan ini nanti akan jadi dua jalur. Menyesuaikan dengan kebutuhan double track di Palang Joglo,” terang dia, Rabu (26/6).

Pemilihan waktu penutupan yang akan dilakukan mulai pukul 22.00-05.00 WIB bertujuan untuk memperlancar pekerjaan dan diharapkan tidak memberikan dampak besar terhadap kelancaran lalu lintas.

Aryo menyebut bahasa penutupan pada malam hari dirasa cocok ketimbang melakukan penutupan akses jalan pada siang hari.

“Penutupan mulai pukul 22.00 WIB, nanti setting alat itu sampai sekitar pukul 00.30 WIB dan dilanjutkan pekerjaan sampai pukul 05.00 WIB, dan akan begitu seterusnya sampai tiga hari. Kami juga sudah koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polresta Surakarta. Kami harap tidak ada kendaraan yang nyelonong karena bisa mengganggu kelancaran pekerjaan,” papar Aryo Bimantoro.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Taufiq Muhammad telah menyiapkan manajemen dan rekayasa lalu lintas terkait penutupan akses Viaduk Gilingan pada malam hari mulai 26-28 Juni 2024 itu. 

Dishub juga akan menempatkan sejumlah petugas untuk membantu mengatur lalu lintas dilapangan sekaligus melakukan pengaturan APILL untuk memperlancar arus kendaraan di sejumlah rute terdampak pengalihan lainnya.

“Itu untuk kelanjutan pembangunan double track-nya, sesuai hasil rapat perlu tiga malam dengan penutupan mulai pukul 22.00 – 05.00 WIB,” terang dia.

Pengaturan lalu lintas akan dilakukan seperti biasanya saat akses Viaduk Gilingan ditutup untuk pekerjaan fisik. Arus kendaraan dari arah barat atau dari Simpang Gilingan akan dialihkan ke Jalan Letjen S. Parman menuju Simpang Lima (Proliman) Balapan.

Kemudian arus kendaraan dari arah timur atau Simpang Ngemplak diarahkan menuju Jalan D.I Panjaitan atau ke arah Simpang Banjarsari.

“Karena penutupannya hanya malam hari kami harap tidak mengganggu lalu lintas. Beberapa papan informasi penutupan Viaduk Gilingan dan jalur alternatifnya kami pasang di beberapa lokasi,” papar Kadishub. (mcr21/jpnn)

Akses Viaduk Gilingan di Jalan Ahmad Yani dari Simpang Ngemplak-Simpang Gilingan akan ditutup selama tiga malam mulai 26-28 Juni 2024.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Romensy Augustino

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia