Pelaku Usaha di Sekitar Masjid Sheikh Zayed Solo Menolak Pembangunan Pedestrian, Apa Alasannya?

Selasa, 23 Juli 2024 – 09:05 WIB
Pelaku Usaha di Sekitar Masjid Sheikh Zayed Solo Menolak Pembangunan Pedestrian, Apa Alasannya? - JPNN.com Jateng
Jalan Ahmad Yani, Gilingan, Solo yang akan dibangun jalur khusus pejalan kaki (pedestrian) mendapat penolakan dari sejumlah pelaku usaha. Foto: Romensy Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Sejumlah pelaku usaha di Jalan Ahmad Yani Gilingan, Solo atau timur Masjid Raya Sheikh Zayed menolak rencana pembangunan pedestrian (jalur pejalan kaki) yang bersumber dari dana hibah UEA. Mereka pun meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk mengkaji ulang kebijakan itu.

Salah seorang pelaku usaha Sayana mengungkapkan bahwa dia telah mendapatkan sosialisasi dari Pemkot Surakarta terkait pembangunan pedestrian itu pada 17 Juli 2024.

Pemerintah berencana membangun pedesterian dilengkapi dengan lampu-lampu ala Timur Tengah.

Menurut Sayana konsep pembangunan akan berdampak besar bagi pelaku sejumlah yang memiliki kios. Kebanyakan para pemilik kios khawatir usahanya akan mati total mengingat banyaknya proses bongkar muat yang harus dilakukan.

"Kami semua sepakat untuk menolak pembangunan pedestarian. Karena khawatir usahanya akan mati, kan, tidak ada lagi lahan parkir. Itu salah satu yang kenapa kami menolak, itu juga berdampak langsung mata pencaharian," ujar pengusaha reklame itu saat ditemui, Selasa (23/7).

Sayana juga menilai pembangunan pedestrian di kawasan Blok D minim manfaat.

"Ini, kan, minim manfaat. Manfaatnya tidak terlalu. Kalau pemerintah membangun ini untuk fasilitas jalan pengunjung Masjid Al Zayed itu, kan, jarang sekali ada yang jalan kaki dari sebelah timur," ujarnya.

Hal senada diungkapkan karyawan Ganesha Corporation Sapta yang juga khawatir dengan konsep pedestrian itu. Pasalnya setelah proses pembangunan pedesterian Pemkot Surakarta menerapkan larangan parkir di bahu kawasan Blok D.

Sejumlah pelaku usaha di Jalan Ahmad Yani Gilingan, Solo atau timur Masjid Raya Sheikh Zayed menolak rencana pembangunan pedestrian (jalur pejalan kaki).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia