Ini Daftar Anggota DPRD Kota Surakarta Periode 2024-2029

Rabu, 14 Agustus 2024 – 14:03 WIB
Ini Daftar Anggota DPRD Kota Surakarta Periode 2024-2029 - JPNN.com Jateng
Sebanyak 45 orang resmi dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta periode 2024-2029 di Gedung Graha Paripurna Kantor DPRD Kota Solo, Rabu (14/8). Foto: Romensy Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Sebanyak 45 orang resmi dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta periode 2024-2029 di Gedung Graha Paripurna Kantor DPRD, Rabu (14/8).

Mereka mengikuti prosesi pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan berita acara dan penyematan lencana oleh Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa.

Dalam prosesi ini juga dilangsukan penunjukkan Ketua DPRD sementara. Budi Prasetyo ditunjuk sebagai pimpinan sementara hingga terbentuknya pimpinan definitif.

"Pelantikan sudah selesai. Kemudian juga sampai nanti terbentuknya pimpinan definitif, kan, yang sekarang ini menjadi tugas kami pimpinan sementara," ujar Budi setelah pelantikan.

Budi menjelaskan salah satu tugas pemimpin sementara dalam waktu dekat adalah membentuk fraksi-fraksi. Dia menegaskan bahwa dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan wakil pimpinan sementara dan sekwan untuk mengatur jadwal tersebut.

"Kami juga akan segera memproses atau memfasilitasi terbentuknya pimpinan definitif," kata dia.

Seperti diketahui bahwa peta partai politik di DPRD Kota Surakarta berbeda dengan periode sebelumnya. Dari 45 kursi di lima daerah pemilihan (dapil), PDIP mendapatkan 20 kursi, PKS 7 kursi, PSI naik 5 kursi, Gerindra 5 kursi, PKB 2 kursi serta PAN dan Partai Golkar 3 kursi.

Budi menyebut bahwa diperlukan paling tidak hingga akhir September untuk menyelesaikan proses pembentukan pimpinan definitif. Setelahnya, pimpinan definitif akan memfasilitasi terbentuknya alat kelengkapan dewan secara lengkap.

Sebanyak 45 orang resmi dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta periode 2024-2029 di Gedung Graha Paripurna Kantor DPRD.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News