Kekeringan di Cilacap, BPBD Telah Salurakan Bantuan 1,1 Juta Liter Air Bersih

Kamis, 12 September 2024 – 14:55 WIB
Kekeringan di Cilacap, BPBD Telah Salurakan Bantuan 1,1 Juta Liter Air Bersih - JPNN.com Jateng
Petugas BPBD Kabupaten Cilacap mendistribusikan bantuan air bersih untuk warga terdampak kekeringan di Desa Bantarmangu, Kecamatan Cimanggu, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (12/9/2024). ANTARA/HO-BPBD Cilacap

jateng.jpnn.com, CILACAP - Sebanyak 44.709 warga di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah terdampak kekeringan yang mengakibatkan krisis air bersih.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Budi Setyawan mengatakan berdasarkan data hingga hari Rabu (11/9), pihaknya telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 220 tangki yang setara dengan 1.100.000 liter.

"Air bersih itu untuk 11.014 keluarga yang terdiri atas 44.079 jiwa di 62 dusun, 31 desa, 12 kecamatan," ujarnya, Kamis (12/9).

Dia mengakui bahwa hujan dengan intensitas ringan hingga lebat terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah dalam beberapa hari terakhir.

Akan tetapi di Cilacap, kata dia, intensitas hujan yang terjadi dalam kategori sedang dan belum merata.

"Kemarin, hujan dengan intensitas sedang memang sempat terjadi di Kecamatan Majenang, Wanareja, Cimanggu, Dayeuhluhur, dan beberapa wilayah lainnya," katanya.

Dia mengatakan berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, Kabupaten Cilacap secara umum diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada bulan Oktober meskipun ada beberapa wilayah yang diprakirakan memasuki awal musim hujan pada akhir September 2024.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya hingga saat ini masih mendistribusikan bantuan air bersih yang bersumber dari APBD Kabupaten Cilacap kepada warga terdampak kekeringan terutama di daerah-daerah yang dampak kekeringannya cukup parah.

Sebanyak 44.709 warga di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah terdampak kekeringan yang mengakibatkan krisis air bersih.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News