Kapan Awal Musim Hujan di Jawa Tengah Terjadi? Simak Penjelasan BMKG

Selasa, 24 September 2024 – 09:25 WIB
Kapan Awal Musim Hujan di Jawa Tengah Terjadi? Simak Penjelasan BMKG - JPNN.com Jateng
Awal musim hujan di Jateng diprediksi akan terjadi pada akhir September atau awal Oktober 2024. Ilustrasi. Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah mengatakan awal musim hujan di Jateng diprediksi akan terjadi pada akhir September atau awal Oktober 2024.

"Musim hujan di Jawa Tengah diprakirakan mulai terjadi pada akhir September atau awal Oktober 2024," ujarnya di Semarang pada Selasa (24/9).

Dia mengatakan puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada Februari 2025.

"Puncaknya Februari 2025," ungkapnya.

Sementara mengenai durasi lamanya musim hujan periode 2024/2025, dia menyebutkan diprediksi akan terjadi kurang lebih selama enam hingga sembilan bulan.

"Maksimal sembilan bulan. Umumnya memang enam sampai delapan bulan," katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem di masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan.

"Masyarakat kami imbau untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti samabaran petir, angin kencang, puting beliung, hujan lebat, banjir dan longsor," ujar Sukasno.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah mengatakan awal musim hujan di Jateng diprediksi akan terjadi pada akhir September atau awal Oktober 2024.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News